Destinasi Wisata di Lebak Aman Jelang Nataru

oleh
Kepala Disbudpar Lebak, Imam Rismahayadin.

FAJARBANTEN.CO.ID – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lebak, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) mulai melakukan persiapan guna melonjaknya kunjungan wisatawan ke destinasi wisata alam dalam menghadapi liburan Natal dan Tahun Baru (Nataru).

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak, Imam Rismahayadin mengatakan, bahwa pihaknya telah mempersiapkan berbagai alat keamanan seperti Spanduk Peringatan, Tim Penjaga Pantai atau sering disebut Balawista, pengeras suara hingga bendera penanda. Terutama di beberapa destinasi yang tingkat bahayanya tinggi seperti Pantai Sawarna, Cibobos, Karang Songsong, Pasir Putih Cihara dan Binuangen Wanasalam.

“Kita pastikan selalu siap jelang musim libur. Bisa kita lihat dalam trafficnya (data tahunan) bahwa setiap musim liburan selalu Zero Case untuk kecelakaan di semua destinasi,” kata Imam, kepada wartawan, Rabu (15/11/2023).

Imam menjelaskan, pihaknya selalu melakukan rekrutmen petugas keamanan tambahan untuk musim libur dikarenakan saat ini Balawista yang tercatat sebagai petugas resmi baru berjumlah 45 orang.

Baca Juga  Dalam Rangka Meningkatkan Kapasitas RT RW, DPMPD Pandeglang Gelar LKDK

“Itu tadi kenapa bisa zero case karena memang kita perketat pengamanannya. Idealnya memang ada satu penjaga di setiap 30 sampai 50 meter,” jelasnya.

Pantai Sawarna

jarang ditemuinya Balawista saat hari-hari biasa, Imam menerangkan bahwa memang saat ini dari 45 orang Balawista tersebut masihlah relawan yang hanya mendapatkan insentif dari Pemerintah. Jadi, tidak bisa standby di hari-hari biasa.

Ia memaparkan, untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan pihaknya bekerjasama dengan pengelola dan BPBD Kabupaten dan Provinsi untuk menyediakan alat peraga keamanan agar masyarakat dan wisatawan dapat lebih berhati-hati saat menikmati destinasi wisata.

Baca Juga  Jalin Sinergitas, Koramil 0602-01/Kota Serang Gelar Komsos Dengan Komponen Masyarakat

“Tentunya kami selalu menghimbau kepada masyarakat dan wisatawan untuk tetap mematuhi peringatan-peringatan yang ada agar tetap selamat dan bisa menikmati liburan di Lebak,” tandasnya.

Kepala Bidang Destinasi Wisata pada Disbudpar Lebak, Usep Suparno membenarkan, saat ini ia sedang mempersiapkan berbagai upaya agar kunjungan wisatawan Jelang Nataru dapat berjalan dengan baik, dan tidak ada kejadian. (Ajat)