Dengarkan Keluhan WBP, Rutan Bangil Pasang Kotak Saran Di Setiap Blok Hunian

oleh

FAJARBANTEN.CO.ID – Selasa (13/02/2024) Di tengah upaya untuk meningkatkan kualitas layanan dan memperhatikan kebutuhan warga binaan, pegawai di Rutan Bangil telah mengambil langkah proaktif dengan memasang kotak saran di setiap blok hunian. Keputusan ini bertujuan untuk memberikan platform bagi para tahanan untuk mengungkapkan keluhan mereka secara tertulis, memberikan mereka suatu wadah yang aman dan nyaman untuk menyampaikan masukan atau pengalaman yang mungkin mereka hadapi dalam lingkungan penahanan. Dengan adanya kotak saran ini, diharapkan para petugas dapat lebih cepat menanggapi dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh warga binaan, sehingga memperbaiki kualitas hidup di dalam rutan.

Baca Juga  Tim Jawa Barat 1 Salafiyah Al-Faalah Juara Piala KSAD Liga Santri 2022

Langkah ini juga menjadi wujud nyata dari komitmen pihak Rutan Bangil untuk menjaga transparansi dan akuntabilitas dalam menjalankan tugasnya. Dengan memberikan sarana bagi warga binaan untuk menyuarakan keluhan atau masukan, rutinitas harian di dalam rutan dapat lebih terbuka dan dapat dikelola dengan lebih baik. Ini tidak hanya memberikan keuntungan bagi para tahanan, tetapi juga membantu dalam menciptakan lingkungan yang lebih harmonis antara petugas dan warga binaan.

Selain sebagai wadah untuk menyampaikan keluhan, kotak saran ini juga dapat menjadi alat untuk mengukur kepuasan dan kebutuhan warga binaan secara keseluruhan. Dengan memperhatikan isi dari setiap saran yang disampaikan, pihak Rutan Bangil dapat merencanakan langkah-langkah perbaikan yang lebih spesifik dan relevan. Seiring dengan itu, langkah ini dapat membantu dalam memperkuat hubungan antara pihak rutan dan warga binaan, serta menciptakan lingkungan rehabilitasi yang lebih efektif dan berkelanjutan.(**)