Boedak Saung Siap Bangun Desa Binaan Bersama YAT

oleh

FAJARBANTEN.CO.ID – Dalam rangka membangun masyarakat lebih berdaya, serta menumbuhkan ide kreatif dan inovatif pada setiap individu, guna terwujudnya kesuksesan secara kolektif di seatu wilayah. Perkumpulan Boedak Saung Barokah Putra Mandiri (Boedak Saung) bersama Yayasan Amanah Takaful (YAT), berencana akan membentuk Desa Binaan.

Hal ini terungkap saat diskusi keorganisasian pada kegiatan Rapat Kerja Daerah (Rakerda) I Boedak Saung Kabupaten Pandeglang, di Villa Merah, Desa Margagiri, Kecamatan Pagelaran, Pandeglang, Sabtu 18 November 2023 kemarin.

Dalam diskusi tersebut, Direktur YAT, H. Ade Abdurrahman selaku narasumber, meminta anggota maupun pengurus Boedak Saung di Pandeglang, untuk mencari desa dan mengajak kepala desanya, bekerjasama dalam menggali potensi yang ada di desa tersebut.

Baca Juga  Pj Gubernur Al Muktabar Ikuti Pembacaan 1 Miliar Sholawat Nariyah PWNU Provinsi Banten

“Ayo kita sama sama keroyok membangun salah satu desa di Pandeglang ini, menjadi desa yang mandiri, baik secara sosial ekonomi, maupun sumber daya manusianya, melalui program Desa Binaan yang kami (YAT) miliki,” ajak H. Ade Abdurrahman saat itu.

Dikatakannya juga, bahwa program Desa Binaan tersebut, yakni salah satu program yang ada di YAT, dan telah diterapkan di beberapa desa di luar Banten. Dimana rata-rata desa yang terlah terbina tersebut, saat ini sudah mampu menularkan kemandiriannya ke desa-desa lainnya.

Baca Juga  Pemkab Tetapkan Perda Nomor 8 Tentang Pajak

“Bangun cara berfikirnya, dengan ide kreatif dan inovatif, baru kita lihat potensi desanya, kita kroyok dengan memaksimalkan potensi yang ada itu. Apakah sektor pertanian, UMKM, atau wisata. YAT siap mendukung secara moril maupun materilnya, Boedak Saung silakan tentukan desa yang kepala desanya mau diajak bekerjasama,” tambahnya.

Sementara itu, Ketua Boedak Saung Pandeglang, Ilman, mengaku bahwa program Desa Binaan yang menjadi program YAT itu, terbilang sangat logis dan sangat mungkin bisa dilakukan di Pandeglang ini, karena melihat dari karakteristik wilayah, desa-desa yang ada di Pandeglang, hampir seluruhnya memiliki potensi yang cukup menjanjikan.

Baca Juga  Gelar Kasus Merupakan Tahapan Dalam Menyelesaikan Kasus Pertanahan

“Program Desa Binaan dari YAT tersebut, kami rasa cukup memungkinkan untuk kita terapkan di Pandeglang ini. Dan kami dari Boedak Saung siap menjalankan program yang menurut kami cukup realistis, sehingga bila Desa Binaan itu berhasil, bukan saja masyarakatnya yang di untungkan, akan tetapi desa itu pun akan menjadi pilot project bagi desa-desa lainnya,” tutupnya. (Daday)