Aklamasi, Hendra Nakhodai Percasi Kabupaten Tangerang

oleh

FAJARBANTEN.CO.ID — Hendra terpilih sebagai Ketua Pengurus Cabang Persatuan Catur Seluruh Indonesia (Pengcab Percasi) Kabupaten Tangerang periode 2023-2027, Sabtu, 7 Oktober 2023.

Pria yang saat ini tercatat sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN) di Pemerintah Kabupaten Tangerang tersebut terpilih aklamasi dalam Musyawarah Kabupaten Luar Biasa (Muskablub) Percasi Kabupaten Tangerang yang dihelat di aula Kelurahan Binong, Curug, Kabupaten Tangerang.

Muskablub digelar Percasi Kabupaten Tangerang sebab terjadi kekosongan posisi ketua karena sebelumnya Ade Priyadi meninggal dunia beberapa waktu yang lalu.

Muskablub yang dibuka Sekretaris Umum Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Tangerang Adang Akbrudin itu diikuti oleh 11 klub catur anggota Pengcab Percasi Kabupaten Tangerang serta dua klub sebagai peninjau. Hadir juga Ketua Pengurus Provinsi Percasi Banten Amin Lukman

Baca Juga  Sinergi Menyambut Ajang Balap Motor Dunia WSBK 2023

Ketua Pelaksana Kegiatan Dadang Sahroni menjelaskan, pelaksanaan Muskablub mengacu kepada anggaran dasar dan anggaran rumah tangga Percasi, dimana saat ketua berhalangan aktif secara tetap, dilakukan Muskablub.

“Kemudian kami membentuk panitia untuk melaksanakan Muskablub ini,” ujarnya.

Sekretaris Umum KONI Kabupaten Tangerang Adang Akbrudin menyebutkan, Pengcab Percasi Kabupaten Tangerang adalah cabang olahraga yang masuk dalam grade A karena prestasi yang telah diraihnya.

“Saya buka arsip, Pengcab Percasi Kabupaten Tangerang ini empat kali juara pada Porprov Banten. Pada Porprov terakhir meraih18 medali emas, 9 perak, 2 perunggu. Ini prestasi yang sangat membanggakan,” ujarnya.

Oleh karenanya, lanjut Adang, KONI Kabupaten Tangerang selalu mendukung setiap program Percasi Kabupaten Tangerang.

Apresiasi serupa disampaikan Ketua Pengprov Percasi Banten, Amin Lukman. Selain juara pada Porprov Banten, kata dia, Pengcab Percasi Kabupaten Tangerang juga delapan kali berturut-turut sebagai juara pada Kejurda Banten, serta atlet Percasi Kabupaten Tangerang meraih 1 emas dan 2 perunggu saat mewakili Banten pada PON di Papua.

Baca Juga  Ketua PBSI Banten Sudarto Adinagoro Dukung Komjen Fadil Imran Jadi Ketum PP PBSI

“Prestasi ini tidak terlepas dari pembinaan dan atlet-atlet handal serta dukungan dari banyak pihak. Bahkan 10 dari 12 atlet catur untuk PON di Sumut dari Banten adalah atlet Kabupaten Tangerang,” katanya.

Amin berpesan agar prestasi yang telah diraih dapat dipertahankan bahkan ditingkatkan dengan terpilihnya ketua serta pengurus yang baru.

Hendra, ketua terpilih, berterimakasih kepada seluruh klub dan pengcab Percasi Kabupaten Tangerang dan Banten yang telah memberikan amanah kepadanya untuk menakhodai Percasi Kabupaten Tangerang.

Dirinya mengatakan, ketertarikannya kepada olahraga catur karena banyak manfaat yang didapatkan dan telah dirasakannya.

Menurutnya, olahraga catur sangat bermanfaat untuk merawat kesehatan mental, meningkatkan kecerdasan, meningkatkan kreativitas, bahkan mencegah pikun.

Baca Juga  Sangat Peduli Warga, Perumdam TKR Sudah Salurkan Bantuan 3 Juta Liter Air Bersih

“Sehingga olahraga catur ini sangat penting di era ini, karena dampak dari sisi kesehatan sangat baik, terutama kesehatan mental,” katanya.

Oleh karenanya, olahraga catur harus semakin masif disosialisasikan kepada masyarakat, terutama kepada generasi muda agar semakin familiar karena banyak manfaat positifnya.

“Hal ini yang menjadi tugas kita bersama untuk memasyarakatkan olahraga catur agar tidak lagi dianggap sebagai olahraga biasa-biasa saja, tetapi ternyata olahraga yang luar biasa,” terangnya.

Hendra juga meminta dukungan dan kerjasama dari seluruh insan catur, klub dan pengurus yang akan segera dibentuk untuk bersama-sama memajukan olahraga catur di Kabupaten Tangerang.

“Dengan sinergi dan kolaborasi kita yakin mampu terus berprestasi,” pungkasnya.(***)