Tips Sukses Optimalkan Penjualan Produk Musim Liburan dari Kartika Sari & Ninja Xpress

oleh

Fajarbanten.co.id – Menjelang akhir tahun, suasana Indonesia dipenuhi semangat Natal dan Tahun Baru. Perayaan ini tidak hanya membawa kebahagiaan, tetapi juga menjadi momen berbagi kasih melalui pemberian hadiah. Salah satu contoh hadiah yang kerap dibagikan adalah produk musiman atau seasonal product, seperti hampers Natal, yang juga telah menjadi bagian penting dari tradisi di Indonesia.

Menurut Small Business Trends, produk musiman seperti makanan, fashion, atau kebutuhan rumah tangga dapat memperkuat ikatan dengan konsumen sekaligus meningkatkan profit usaha. Berbagai kategori usaha yang memiliki produk musiman seperti Makanan/Minuman, Fashion, hingga toko kelontong yang menjual produk kebutuhan rumah tangga.

Salah satu contoh UKM dari kategori Makanan/Minuman yang turut menerapkan penjualan produk musiman adalah Kartika Sari. Telah berdiri di Jawa Barat sejak 50 tahun lalu, Kartika Sari turut meluncurkan produk musiman berupa hampers Natal berisi kue dan cookies khas mereka. Untuk memastikan pengiriman produk sampai dengan cepat dan aman, Kartika Sari juga telah bekerja sama dengan Ninja Xpress melalui layanan Ninja B2BR, yang memastikan kelancaran supply chain dan kepuasan pelanggan.

“Kami selalu berusaha memberikan yang terbaik kepada pelanggan, terutama saat momen spesial seperti Natal dan Tahun Baru seperti sekarang ini. Biasanya selalu ada peningkatan
pembelian pada musim liburan seperti Lebaran, Natal, hingga Tahun Baru dibandingkan hari biasa, maka dari itu kami mempersiapkan lebih awal karena semua cookies dan kue dibuat secara homemade. Melalui kerjasama dengan Ninja B2BR, kami dapat memastikan produkbkami sampai tepat waktu dan dalam kondisi terbaik,” ujar Satyabudi, Head of Online Sales Kartika Sari.

Untuk mencapai kesuksesan dalam berjualan produk musiman, ada beberapa strategi penting yang dapat diterapkan oleh para Kartika Sari. Dengan persiapan yang tepat dan pendekatanvyang efektif, produk musiman tidak hanya dapat menarik perhatian konsumen tetapi juga
meningkatkan penjualan secara signifikan. Berikut adalah beberapa tips dari Kartika Sari dan Ninja Xpress yang dapat membantu Anda dalam berjualan produk musiman: ninjaxpress
1. Desain yang Menarik
Gunakan packaging tematik yang mencerminkan perayaan seperti warna merah, hijau, dan emas untuk Natal. Packaging yang fungsional dan estetik juga dapat meningkatkan kesan hadiah. Sentuhan personal seperti kartu ucapan juga akan menambah nilai
emosional.

2. Promosi yang Efektif
Manfaatkan media sosial, email marketing, dan iklan online untuk menjangkau lebih banyak konsumen. Gunakan visual yang menarik di Instagram, Facebook, dan Tik Tok,
dan tawarkan penawaran khusus melalui email marketing serta diskon atau potonganvharga untuk menarik perhatian.

3. Manajemen Persediaan
Perencanaan persediaan dengan cermat agar tidak kehabisan stok. Gunakan data penjualan sebelumnya untuk memprediksi permintaan dan pastikan sistem manajemen persediaan yang terintegrasi untuk memantau stok secara real-time.

4. Kolaborasi dengan Mitra Logistik
Pengiriman tepat waktu adalah kunci kepuasan pelanggan. Kartika Sari, misalnya, bekerja sama dengan Ninja Xpress untuk memastikan pengiriman produk yang aman dan cepat.

Layanan seperti Ninja B2BR membantu memantau pengiriman secara real-time, memberikanvpembaruan status kepada pelanggan, dan menangani pengiriman dalam jumlah besar. Dengan memanfaatkan peluang yang ada dan menyesuaikan dengan kebutuhan konsumen, bisnis dapat menciptakan pengalaman belanja yang menyenangkan sekaligus meningkatkan loyalitas pelanggan.

Kolaborasi antara Kartika Sari dan Ninja Xpress juga menjadi contoh nyata bagaimana persiapan dan kerjasama yang baik dapat mengoptimalkan distribusi produk musiman, sehingga lebih banyak konsumen dapat merasakan produk spesial yang mereka tunggu setiap tahunnya. (*/yogi)